Mengganti lokasi direktory localhost XAMPP di Windows

Standard

Kali ini saya mau coba share cara mengganti lokasi direktory localhost XAMPP pada Windows.

oke langsung aja ya, kalau biasanya kita membuat suatu project web kan biasanya kita simpan di directory C:/xampp/htdocs , nah ternyata waktu itu saya mengalami kesulitan ketika saya harus mencoba project saya di versi PHP yang berbeda, jadi waktu itu saya harus meng copy-paste project saya ke folder xampp dengan versi yang berbeda untuk bisa menjalankannya. Nah tentunya semoga dengan cara ini anda tidak harus menyimpan project anda di tempat-tempat (folder htdocs) yang berbeda. Untuk masalah lokasi directory localhost tentunya udah bisa solved, atau setidaknya bisa mempercepat pekerjaan anda.

Step 1

Yang pertama saya asumsikan anda sudah menginstall XAMPP nya, kalau belum silahkan download disini, kemudian silahkan di install terlebih dahulu.

Step 2

Setelah XAMPP nya terinstall, kemudian masuk ke tempat directory xampp tersebut.

Step 3

Cari folder apache, setelah ketemu double click untuk masuk ke directory tersebut.

Step 4

Cari folder conf, setelah ketemu double click untuk masuk ke directory tersebut, dan anda akan menemukan file httpd.conf

Step 5

Bukan file httpd.conf tersebut menggunakan editor seperti notepad atau editor lainnya, saya rekomendasikan menggunakan notepad++ agar mudah membacanya.

Step 6

Jadi lokasi full path menuju file yang akan kita edit sepeti ini yah…

Cari

anda tidak akan menemukan line ini “C:/xampp183_4/htdocs” karena nama defaultnya adalah “C:/xampp/htdocs”, dan karena saya telah menggatinya makan ini menjadi xampp183_4 ini saya ganti untuk membedakan versi xampp, karena saya menginstall beberapa versi xampp di komputer saya untuk keperluan testing. Jika anda tidak mengganti nama folder xampp anda ketika installasi maka seharunya line yang anda cari adalah line seperti ini

kemudian tinggal ganti aja dengan direktory tujuan anda, kalau disini saya menggantinya menjadi seperti ini

Disini saya menggati default lokasi direktory localhostnya dari

menjadi

dan

menjadi

Saya mengganti lokasi htdocs saya ke dalam folder Google Drive saya, agar project saya otomatis terbackup ketika komputer saya terhubung ke internet, jika anda tidak menggunakan Google Drive, anda bisa menggatinya ke default forlder Dropbox, Sky-Drive, or layanan lainnya, atau anda bisa menggatinya ke folder mana saja yang ada di komputer anda.

Ini settingan complete saya untuk menggati default folder localhost(htdocs) di XAMPP,

Di baris pertama dan kedua bisa kita lihat awalannya diberi tanda “#” atau komentar, itu artinya perintah tersebut tidak akan dijalankan, ini sengaja tidak saya hapus, siapa tahu anda ingin menggati lokasi htdocs anda kembali ke semula, jadi nanti tinggal dihapus saja tanda “#” nya, dan memberikan tanda “#” di baris yang keempat dan kelima.

Apabila sudah selesai, silahkan di save, dan kemudian restart apache anda.

Oke, di artikel lainnya saya akan mencoba share cara membuat virtual host di xampp.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.